Jerawat Tumbuh Subur di Usia Remaja !! Berikut 3 Tips Mengatasinya

Hai teman cari penyakit, siapa nih teman-teman kaula muda yang masih punya masalah dengan jerawat, tenang saja kamu ga sendirian kok.. datanya 80% anak muda Indonesia berjerawat loh.. Kenapa ya?? Apa sebabnya ya?? Yuk simak penjelasan lengkapnya..

Jerawat Tumbuh Subur di Usia Remaja !! Berikut 3 Tips Mengatasinya


Jerawat adalah kondisi umum kulit yang ditandai oleh munculnya benjolan merah, komedo (blackhead atau whitehead), dan kadang-kadang pustula (jerawat bernanah) di permukaan kulit. 

Jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak berlebih (sebum), sel kulit mati, dan bakteri Propionibacterium acnes. Kombinasi ini menyebabkan peradangan di dalam folikel dan munculnya jerawat. Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan jerawat termasuk kebersihan kulit, hormon, genetika, dan stres.

Jerawat dapat muncul di berbagai bagian tubuh, tetapi area yang paling umum terkena adalah wajah, dada, punggung, dan bahu. Jerawat dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dan menyebabkan ketidaknyamanan fisik dan emosional.

Jerawat sering kali muncul pada masa remaja karena pada periode ini terjadi perubahan hormon yang signifikan dalam tubuh. 

Faktor timbulnya jerawat pada usia remaja

1. Perubahan hormonal: Peningkatan produksi hormon androgen pada masa remaja dapat merangsang kelenjar minyak (sebaceous glands) untuk menghasilkan lebih banyak minyak (sebum). Produksi sebum yang berlebihan ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu terbentuknya jerawat.

2. Peningkatan produksi sebum: Selain peningkatan hormon, pada masa remaja juga terjadi peningkatan produksi sebum oleh kelenjar minyak di kulit. Sebum yang berlebihan dapat menyumbat folikel rambut dan pori-pori, menciptakan lingkungan yang baik bagi perkembangan jerawat.

3. Perubahan kulit: Kulit remaja cenderung lebih tebal dan kurang terkelupas secara alami dibandingkan dengan kulit dewasa. Ini dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang lebih banyak, yang juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

4. Bakteri Propionibacterium acnes: Bakteri ini secara alami ada di kulit kita dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Namun, pada kondisi jerawat, bakteri ini dapat berkembang biak secara berlebihan dalam folikel yang tersumbat, menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat.

5. Faktor genetik: Kecenderungan untuk mengalami jerawat juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki riwayat jerawat, kemungkinan Anda juga lebih rentan mengalami jerawat.

Tiga Tips Cara Ampuh Mengatasi Jerawat!

1. Membersihkan wajah secara teratur:
Salah satu langkah penting dalam menghilangkan jerawat adalah menjaga kebersihan wajah secara teratur. Gunakan pembersih wajah yang lembut dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Pastikan untuk tidak menggosok wajah terlalu keras, karena dapat merusak kulit dan memperburuk jerawat.

2. Menggunakan bahan alami:
Beberapa bahan alami dapat membantu mengurangi peradangan dan merawat jerawat. Misalnya, Anda dapat menggunakan teh pohon teh (tea tree oil) yang memiliki sifat antimikroba alami. Oleskan sedikit tea tree oil yang telah dicampur dengan minyak kelapa atau air mawar pada jerawat dengan bantuan kapas. Selain itu, lidah buaya juga dikenal memiliki sifat penyembuhan yang baik. Anda dapat mengambil gel lidah buaya segar dan mengaplikasikannya secara langsung pada jerawat. Pastikan untuk melakukan uji sensitivitas terlebih dahulu pada kulit Anda sebelum menggunakan bahan alami ini.

4. Mengatur pola makan dan gaya hidup:
Pola makan yang sehat dan gaya hidup yang seimbang juga dapat membantu mengurangi jerawat. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan yang dapat memicu peradangan, seperti makanan berlemak, makanan cepat saji, dan makanan manis. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan rambut dan menjauhkan tangan dari wajah agar tidak menyebabkan penyebaran bakteri yang dapat memperburuk jerawat.


Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi hasilnya mungkin bervariasi. Jika jerawat Anda parah atau tidak kunjung membaik dengan perawatan rumah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk penanganan yang lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Jerawat Tumbuh Subur di Usia Remaja !! Berikut 3 Tips Mengatasinya"