Mengenal Apa Itu Entamoeba histolytica

Entamoeba histolytica adalah parasit protozoa usus yang menyebabkan penyakit amoebiasis pada manusia. Mari kita berkenalan dengan Parasit yang satu ini.

Mengenal Apa Itu Entamoeba histolytica


Morfologi

- Trofozoit: Trofozoit Entamoeba histolytica memiliki bentuk bulat atau oval dengan inti tunggal yang terlihat di mikroskop. Mereka memiliki pseudopodia yang digunakan untuk pergerakan dan penyerapan nutrisi.

- Kista: Kista Entamoeba histolytica memiliki bentuk bulat dan dinding yang tebal. Kista biasanya memiliki 4 inti dan dalam kondisi tertentu dapat terlihat sebagai bentuk yang matang atau tidak matang.

Fisiologi

- Mobilitas: Trofozoit Entamoeba histolytica memiliki kemampuan untuk bergerak menggunakan pseudopodia.
- Nutrisi: Trofozoit Entamoeba histolytica mengambil nutrisi dengan cara fagositosis, yaitu menyerap partikel makanan melalui pseudopodia dan membentuk vesikel makanan.

Klasifikasi

- Kingdom: Protista
- Filum: Amoebozoa
- Kelas: Archamoebae
- Ordo: Entamoebida
- Famili: Entamoebidae
- Genus: Entamoeba
- Spesies: histolytica

Siklus Hidup

- Stadium Trofozoit: Bentuk aktif dari Entamoeba histolytica disebut trofozoit. Trofozoit menghuni usus besar dan berkembang biak dengan membelah secara biner. Mereka menyerap nutrisi dari sisa makanan dan bakteri di usus.

- Stadium Kista: Dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan, trofozoit akan membentuk kista. Kista ini berfungsi sebagai bentuk resisten yang dapat bertahan di luar tubuh manusia dan bertindak sebagai sumber infeksi.



Infeksi

- Penularan: Amoebiasis dapat ditularkan melalui konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi dengan kista Entamoeba histolytica. Kista ini dapat bertahan dalam lingkungan yang lembap dan dapat mencapai usus manusia setelah ditelan.

- Penetrasi ke dalam Usus: Setelah kista masuk ke usus manusia, mereka melepaskan trofozoit yang aktif. Trofozoit kemudian menempel pada dinding usus dan mulai berkembang biak.

- Penetrasi ke dalam Jaringan: Dalam beberapa kasus, trofozoit Entamoeba histolytica dapat menembus dinding usus dan memasuki jaringan sekitarnya, seperti hati, membentuk abses amoeba.

Gejala dan Komplikasi

- Amoebiasis Intestinal: Infeksi usus biasanya menyebabkan gejala diare, yang bisa berdarah, kram perut, mual, dan penurunan berat badan. Pada beberapa kasus, infeksi usus dapat menjadi kronis.

- Abses Amoeba: Jika trofozoit menembus dinding usus dan menyebar ke organ lain, seperti hati, mereka dapat membentuk abses amoeba. Gejala abses hati termasuk nyeri di daerah hati, demam, kelelahan, dan peningkatan ukuran hati.

Diagnosis dan Pengobatan

- Diagnosis: Amoebiasis dapat didiagnosis melalui pemeriksaan tinja untuk mendeteksi keberadaan kista atau trofozoit Entamoeba histolytica. Tes darah juga dapat digunakan untuk mendeteksi antibodi terhadap parasit.

- Pengobatan: Pengobatan amoebiasis biasanya melibatkan penggunaan obat antiparasit seperti metronidazole atau tinidazole untuk membunuh parasit. Dalam kasus abses hati, drainase abses mungkin diperlukan.

Pencegahan

- Praktik Kebersihan yang Baik: Cuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Hindari minum air yang tidak aman dan konsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya.

- Sanitasi yang Baik: Pastikan sanitasi yang baik dalam memproses makanan, penyediaan air bersih, dan pengolahan limbah manusia untuk mengurangi penyebaran kista parasit.


Penting untuk mencari perawatan medis jika Anda mencurigai adanya infeksi amoebiasis. Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai berdasarkan gejala dan kondisi Anda.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Entamoeba histolytica"